Aku di 30 September

*****


Aku Berdiri..
Disini melihat getir lubang itu
Lubang pembantain
46 tahun yang lalu

Aku memincingkan mata..
Di lubang gelap itu
Mereka setelah dibunuh
Disayat-sayat, disilet, ditikam,
Dikubur hidup

Aku kembali ke masa itu..
Saat dokumenter palsu
Diputar malam ini
Saat yang salah dibenarkan
Saat yang benar disalahkan
Entah itu sesat buatku
Doktrinnya terlalu kuat
Pembantaian itu jelas terekam
Disini dikepalaku
Gerwani bernyanyi genjer-genjer
Menari-nari membantai
Jendral-jendral yang hanya tinggal nama dan patung

Lalu aku teringat..
Guruku, guru kami
Hanya menuturkan cerita palsu
Akan pembantai itu

Ya dan akhirnya
G-30 S itu hanya sebuah misteri
Terkubur bersama mereka
Yang terbantai
Hingga entah kapan..

7 thoughts on “Aku di 30 September

  1. udah g ada lg pemutaran film itu yah. film paling horor sepanjang masa mnurut gue.
    filmnya itu setau gue pernah masuk nominasi oscar.

    nice writting as always :*

Tinggalkan Balasan

